Workshop Pendidikan Karakter Bangsa





Yayasan Bina Insun Medal bekerjasama dengan Direktorat P2TK Dikdas Kemdikbud, pada tanggal 10 s.d 13 Oktober 2013 telah menyelenggarakan kegiatan Workshop Pendidikan Karakter Bangsa  dalam Kurikulum 2013 bertempat di Balai Diklat Gerkopin Jatinangor Sumedang.  Kegiatan Workshop yang dibuka secara resmi oleh  Kabid Dikmen Disdik Kab. Sumedang yang mewakili  Kepala Dinas Penddikan ,  diikuti oleh 60 orang peserta yang terdiri dari kepala sekolah dan guru, baik SD dan SMP yang ada di wilayah Kec. Jatinangor, Tanjungsari, Sukasari dan Cimanggung Kab.  Sumedang.

Dalam sambutannya Kadisdik mengatakan, “ bahwa saat ini pendidikan tidak cukup diartikan sebagai proses to teach (mengajar) atau transfer to knowledge (transfer ilmu), tetapi seharusnya lebih dimaknai sebagai proses transformasi dan internalisasi makna kehidupan bagi siswa sehingga memiliki kesempurnaan karakter dan kesiapan untuk mau belajar sesuai dengan jati diri bangsa yang Pancasilais, cerdas, beriman, dan bertaqwa.”

Sementara itu menurut Ketua Panitia yang sekaligus Ketua Yayasan Bina Insun Medal, Dr. Asep Saepudin M.Pd, salah satu alasan perlunya diselenggarakan kegiatan ini adalah bahwa  guru bukan sekedar  harus terampil mengajarkan kecakapan teknis, tetapi  diri dan hidupnya harus menjadi  uswatun hasanah terutama bagi peserta didiknya . Dengan demikian  guru adalah salah satu pilar dalam pembentukan karakter bangsa kepada para siswa di sekolah.  Lebih lanjut dikatakan bahwa salah satu tujuannya dilaksanakan kegiatan workshop ini adalah  untuk meningkatkan pemahaman  dalam penyusunan  dan mengintegrasikan pendidikan karakter dalam perangkat  dan pelaksanaan pembelajaran.

Adapun hasil yang diharapkan dari kegiatan workshop ini adalah tersedianya pendidik dan tenaga kependidikan Dikdas yang :
1.         Mampu menginternalisasikan pendidikan karakter bangsa dalam kehidupan sehari-hari
2.         Berkarakter unggul, kokoh, dan kuat
3.         Mampu menjadi teladan bagi peserta didik, baik di dalam maupun di luar sekolah.


Responses

0 Respones to "Workshop Pendidikan Karakter Bangsa "

Posting Komentar

 

Buku Tamu

Lencana Facebook

Return to top of page Copyright © 2010 | Platinum Theme Converted into Blogger Template by HackTutors